Hallo teman-teman beberapa hari yang lalu saya membeli sebuah produk Apple yaitu Macbook Air 11inc mid 2013,  laptop ini sudah terbilang sangat jadul yah karena sudah 7 tahun semenjak di luncurkannya ke publik baru saya membelinya. Tapi apakah dengan kejadulannya masih layak untuk saya gunakan di tahun 2020 ini ? 

Saya akan mencoba untuk sharing pengalam ke teman-teman apakah Macbook Air 11" 2013 ini masih layak di pakai di tahun 2020 ini. Untuk awal saya akan bahas Kelebihnya dahulu.

(+) Kelebihan 

Desain Tipis 

Tidak bisa kita pungkiri bahwa desain macbook air ini sangat menggoda dengan desain yang sangat tipis di tahun 2020 ini sangat-sangat oke menurut saya, di tambah bobotnya yang ringan menambah ringkat kinerja kita yang sering mobile. Jelas nilai plusnya adalah logo Apple yang menyala menambah kecakepan si macbook air ini.

Peforma Masih Oke
Untuk urusan performa macbook air ini masih sangat recomended buat kamu yang bekerja sebagai copywriter atau bekerja menggunakan microsoft office peforma macbook air ini masih bisa dihandalkan, apalagi fitur multitaskingnya sangan mempermudah kinerja kita.

Masih Dapat Update OS

Walaupun keluaran 2013 tapi macbook air 11" mid 2013 ini masih dapat update OS Catalina, membuat kita sebagai user sangat senang apalagi bisa menggunakan beberapa fitur baru di OS Catalina.

Batrai Awet
Biasanya batrai laptop semakin tipis semakin cepat habisnya beda banget dengan macbook air ini walaupun tahun lama tapi Macbook air ini masih terbilang cukup awet, bisa bertahan sampai 3 jam lebih sehingga saya tidak perlu mencharger laptop seperti yang saya biasa lakukan di laptop-laptop lain.


Keyboard Backlight
Saya memasukan ini kelebihan karena menurut saya fitur ini sangat membantu sekali ketika kerja di malam hari dan ingin mematikan lampu, cahaya keyboard sangat membantu dalam pengetikan di papan keyboard, apalagi mode cahanya bisa kita atur mau seberapa terang dan redupnya.


Setelah membahasa nilai plusnya sekarang saya akan coba membahas nilai minus Macbook Air 11' mid 2013 ini.

(-) Kekurangan

Layar belum Retina 
Layar retina display menjadi salah satu nilau jual macbook, ketajaman warna dan gambar membuat menatap layar macbook menjadi lebih puas, sangat di sayangkan macbook air 11' mid 2013 ini belum di sertai layar retina, tapi menurut saya layar yang sekarang juga masih oke sih apalagi pakai retina yah hehehe ...

Jumlah Port Lebih Sedikit
Teman-teman pasti sudah tau tentang hal ini, dimana Macbook air ini sangat tipis sehingga mengorbankan Port VGA dan LAN Syukur Alhamdulillah Apple masih menyisahkan 2 Port USB dan satu port untuk Audio Terimakasih Apple hehehe..

Jadi jika mau menggunakan port VGA dan LAN kita harus membelinya lagi, dan itu cara Apple mendapatkan uang lebih hahaha ...

Kesimpulan

Jadi menurut saya Macbook Air 11' mid 2013 ini masih recomended buat teman-teman yang berkecimpung di dunia menulis dan selalu berpergian kesana kemari karena selain ringan di bawa kemana-mana batrai dari macbook air ini juga terbilang hemat.

Saya adalah pengguna baru macbook air ini, dari jaman kuliah sudah pengen banget punya macbook alhamdulillah sekarang baru kesampaian beli, walaupun second tapi tapi peforma masih oke, dan di bawa kemana-mana juga masih menjadi bahan perhatian orang hehehe..

Cukup sekian aja mungkin review singkat dari saya, semoga dapat manfaat dari review Macbook Air 11" 2013 Second ini, dan doakan semoga laptop ini awet yah hehe..